Saturday, November 19, 2016

Album Anak-anak Adele

Posted by Gigikucing at 8:07 AM
Sejak masih aktif sebagai kakak pembina di Pembinaan Anak-anak Salman (PAS-ITB) aku senang sekali menyanyikan lagu-lagu ice breaking untuk pengondisian anak. Sejak itu berlanjut menjadi seorang-
komandan lapangan (danlap) di beberapa kali mentoring. Hingga tiba acara insidental, acara besar pesantren kilat PAS ITB. Aku mulai tergerak untuk menciptakan lagu, terinspirasi dari kakak PAS terdahulu, (Red: Kak Puja 55) maka mulailah mencipta lagu.

Coret-coret di kertas tentang lirik lagu, lalu nadanya tanpa instrumen/iringan musik. Karena aku memang tidak mahir memainkan alat musik selain pencet-pencet tombol piano. Kakak PAS lainnya yang membuat instrumen musik (Red: Kak Dwi 55 dan Kak Tezar 54). Aku bernyanyi bersama adik PAS menyanyikan lagu "Negeri Sulaiman", debut pertamaku menyanyi. Lirik lagu ini ciptaan kak Puja namun di lagu ini aku ikutan rekaman. Ini lirik lagunya:

*NEGERI SULAIMAN*
Mantapkan hati untuk melangkah
Langkahkan kaki maju kedepan
Selalu mengharap Ridho Illahi
Dengan pahami Al-Quran

Tiada hari tanpa ibadah
Ibadah itu perintah Allah
Walau hidup ada suka duka
Hidup kan terus berjalan

Bersama di negeri binatang
Belajar banyak hal tentang Al-Quran
Ini Negeri Sulaiman, Ini Negeri Sulaiman, Ini Negeri Sulaiman
Negerinya binatang

Setelah itu akupun mulai berani menciptakan lagu lainnya, berjudul "Salam" lagu tersebut dinyanyikan saat acara Penutupan PAS ITB semester 59 duet bareng Kak Dwi. Ini lirik lagunya:

*SALAM*
Assalamu'alaikum
Wa'alaikumussalam
Lihatlah semut di dinding
Berbaris berjejer rapih
Pabila saling bertemu
Semut ucapkan Salam

Pabila kau bertemu
Dengan sesama muslim
Maka ucapkan salam
Assalamu'alaikum
(jawabnya)
Wa'alaikumussalam

Semoga keselamatan tercurah bagimu
Dan Allah kan merahmati dan Allah memberkahi
Assalamu'alaikum, Wa'alaikumussala

Lagu acara besar selanjutnya adalah saat acara besar sanlat "Garuda". Lagu ini adalah lagu remix dari beberapa lagu-lagu daerah dari Indonesia, aku menyanyikan lagu ini duet bersama Kak Dinur semester 58. Ini lirik lagunya:

*GARUDA*
Ayo ikut garuda..Acara besar PAS ITB
Kita main bersama.. Pasti seru liburanmu
Ayo kenali budaya nusantara dari sabang sampai merauke
Belajar ngaji bersama kakak-kakak cobalah tuk mengamalkannya

Ada membatiknya
Permainan tradisional
Kuliner nusantara
Semua ada di Garuda

Ini garuda ada adiknya
Ini garuda ada kakaknya
Ini garuda acara kita
Belajar tentang budaya yang ada di nusantara

Selepas dari itu apakah aku harus berhenti berkarya?
Lagu garuda itulah detik-detik terakhir menjelang tiga semester kemudian meng-alumnikan diri dari PAS ITB. Kuliah pun udah lulus maka siap menjalani hidup selanjutnnya. Ternyata masih tak jauh dari dunia anak-anak. Masih belum bisa move on dari dunia anak-anak, yaitu menjadi teman bermain bagi anak-anak usia dini, namun bedanya ini di lembaga formal sebut saja sekolah. Sejak satu tahun terakhir sebelum lulus kuliah, aku sudah memulai karirku itu. Sebetulnya saat masih kuliah tingkat dua pun mulai mengajar anak-anak-usia-dini di sekolah milik keponakannku. Sempat off dulu satu tahun karena bentrok sama jadwal kuliah. akhirnya mulai lagi deh bermain sama anak-anak (lagi).

Kalau diceritain mah panjang pokokna, tulisan ini juga cukup panjang. Lalu mana lagi karyaku?

Saat ini aku dipertemukan dengan seorang kepala sekolah yang baik hati sekali, hingganya aku terpicu lagi untuk meneruskan Album Adele yang sempat tertunda beberapa tahun. karena dua tahun sebelumnya aku sangat tidak produktif sekali. Entah pake jurus apa kepala sekolah yang baru bisa memotivasi para guru-guru untuk terus berkarya. Termasuk aku yang dulu pernah senang buat lagu-lagu anak.

Lagu-lagu yang aku ciptakan kali ini adalah lagu pengantar ice breaking yang sesuai tema sekolah. Walaupun pada lagu-lagu ini belum pernah rekaman lagi cukuplah rasanya direkam oleh memori anak-anak. Lagu pertama ini masih belum begitu dikenalkan kepada anak-anak sebetulnya karena baru muncul setelah tema berakhir, jadi hanya dikenalkan kepada guru-gurunya saja, tak apalah. Ini liriknya:

*ABC SENANG SEKOLAH*
A..a.. a.. Aku anak yang berani
B..b.. b.. Berani Sekolah sendiri
C..c..c.. Cium tangan ayah bundaa
Aku senang masuk ke sekolah
Jangan lupa ucapkan salam
Salamnya "Assalamu'alaikum"
Jawabnya "Wa'alaikumsalam"
Aku senang ada di sekolah

Lagu selanjutnya adalah lagu yang muncul setelah rapat kerja tema kedua usai. Lagu tentang keluarga, ini liriknya:

*KELUARGA BAHAGIA*
Ini Ayahku, yang gagah perkasa
Ini Ibuku, yang cantik dan lembut
Ini Kakakku, yang suka menolong
Ini Adiku, yang lucu sekali
Kami semua keluarga bahagia

Setelah lagu ini munculah wangsit untuk membuat mars sekolahku, tapi belum aku terbitkan karena belum dapet ACC dari kepalasekolah tercinta. Jadi belum aku tulis yaa.. masih jadi rahasia negara.

Masih di tema kedua ada lagu yang berhubungan dengan teman-teman sekolah, ini liriknya:

*TEMANKU*
Di Rumah, Aku punya teman
Di Sekolah, Aku punya teman
Dimana-mana aku punya teman
Aku senang punya banyak teman
Karena semua ciptaan Allah
Karena Allah sayang semuanya

Selang satu bulan setelah terciptanya lagu diatas, akhirnya muncul begitu saja lagu untuk acara pekan depan, acara khas sekolah. Dua lagu sekaligus tentang anak laki-laki dan anak perempuan. Ini lirik lagunya:

*ANAK LAKI-LAKI*
Ayo Ayo.. Anak laki-laki
Pantang menyerah tuk hadapi rintangan
Majulah maju dengan penuh semangat
Ayo Kerjakan bersama-sama
Walaupun kita berbeda-beda
Tapi tetap satu jua

Lagu kedua, yaitu lagu yang tercipta selang 90 menit dari lagu diatas yaitu lagu tentang anak perempuan, Ini liriknya:

*ANAK PEREMPUAN*
Aku adalah anak perempuan
Tulus, berani, dan penuh kesabaran
Jika ada teman yang kesulitan
Aku kan datang menolong bersama-sama
Tak peduli hitam, tak peduli putih
Ayo semua saling menolong
Walau berbeda, kita tetap sama
Sama-sama ciptaan Allah

Lagu diatas semoga bukan lagu terakhir karena dimanapun kamu berada kapanpun itu tetaplah aktif berkarya dan tinggalkan jejak. Apakah itu jejak cerita, kisah, bahkan lagu.

Jika ingin tahu liriknya silahkan kirim pesan yaa atau tinggalkan komentar. :)

0 comments:

Post a Comment

 

Coretan Gigi Kucing Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea