Thursday, February 23, 2012

Game Online VS Game Tradisional

Posted by Gigikucing at 4:54 AM
Di sebuah kota tentram bernama Bandung, hiduplah tiga sahabat kecil. Mereka disebut trio sundaers yang terdiri dari Sangkuriang, Kabayan, dan Cepot. Pada suatu hari, Kabayan dan Cepot mengajak  Sangkuriang untuk bermain.

Kabayan & Cepot: Sangkuuuuuur… Sangkuuuuuuuur.. Sang.. ku.. rii.. aaaaangggg..
Mereka terus memanggil2 sangkuriang yg ada di dalam rumah gubuknya. Hingga terdengarlah jawaban Sangkuriang dari dalam rumahnya seketika menghentikan
Kabayan dan Cepot.
Sangkuriang: Moal ameuung teu aya sendaal..
Kabayan: Yeuh pake sandal simkuring weh. (melepaskan sendalnya dan mengangkatnya tinggi tinggi)

Sangkuriang menolak untuk bermain dengan mereka.  Alasannya adalah kerena tidak ada sandal, nah kabayan menawarkan untuk memakai sendalnya. Penasaran dengan adegan selanjutnya? Yuk lanjut. Klik!

Cepot: Heu euh pake sandal si kabayan weh, hayu Kur, urang ameung game online. Itu tuh aya warung game online anyar di cakeut lapangan.
Sangkuriang: Wah maenya? Hayu atuh.
Kabayan: beuh aya ku teu baleg, ongkoh moal ameung, di ajakan game anyar teu kersa.
Sangkuriang: Nyaa sakali-kali mah bosen ulin gatrik wae. Eh naon tadi teh gem onlen? Ngaran kaulinan atau ngarean tuangeun?
Cepot: Ah teu gaul silaing mah, kuring oge teu ngarti nanahaonan eta gem onlen teh.
Kabayan: aya ku belegug maneh mah, ongkohna ngajak tapi te apal nanaonan. (sabari neke)

Cepot mengajak untuk main game online. Sangkuriang langsung keluar gubuknya. Sangkuriang yang awam dengan kata “Game Online” itu mempertanyakan apakah itu game online? Nama permainankah? Atau nama makanankah? Dan ternyata cepot pun tidak mengerti, apakah itu game online?

Sangkuriang: nya kieu weh, kamari bapa kuring ngajieun jajangkungan jenung babatokan. Hayu urang balapan eta weh, jajangkungan persus babatokan.
Kabayan&cepot: Hayu atuh hayuu urang ka lapang. Sabari balapan.
Sangkuriang: sok ah der simkuring pake babatokan.
Cepot: Ahh cepot mah jajangkungan nyaa.
Kabayan: sok lah kabayan sarua rejeung sangkuriang pake babatokan.

Akhirnya, Sangkuriang mengajak main Jajangkungan dan Babataokan. Apakah itu jajangkungan? Yah, jajangkungan adalah nama sebuah permainan tradisional. Begitupun babatokan. Jajangkungan dimainkan oleh cepot, sedangkan babatokan oleh Kabayan dan Sangkuriang. Satu… Dua… Tigaa… lomba dimulaii! Ayo adik-adik beri semangaatt kepada Kabayan, Sangkuriang, dan Cepot.

Dirigdig der lomba balap ka lapangan. Cepot mimpin di hareup kusabab pake jajangkungan. Ari kabayan jeung Sangkuriang patutur-tutur. Embung eleh, sangkuriang nyusul Cepot sabari lumpat, masih dina eta babatokan. Pas tereh nepi, Cepot tikoseak labuh, kusabab nyandung batu. Sangkuriang nu juara, disusul Kabayan, der si cepot leumpang sabari ingsrek-ingsrekan kusabab labuh tur eleh tea. (dipraktekan, saat lomba harus menghadirkan suasana lomba)

Setibanya di lapangan telah banyak batur ulin, ada yang main sondah, ada yang main karet, ada yang main congklak, ada yang main beklen. Semua yang dimainkan adalah mainan tradisional. Tak ada yang main game online. Adapun warung game online yang tak jauh dari lapangan tempat mereka bermain. Sepi pengunjung.

Cepot: Euy barudak, hayu urang balap babatokan!
All: (melihat ke arah cepot) Hayuuuu!!
Sangkuriang: (Neke si cepot) heh belegug, kan erek tanding jeung simkuring! Kumaha sih?
Cepot: Aww, nyeuri! Di teke deuih.
Kabayan: Naha atuh malah ngaricuhkeun lapangan.
Dayaeung Sumbing: hayu atuuh der balapanna.
Nak Iteung: Urang ka warung game onlen yuu (sabari nunjuk ka arah warung gamne online)
All: Seuserian, nyeungseurikeun nyi iteung.
Sangkuriang: Teu ngalarti simkuring mah ulin nukararitu. Mending balap bakiak yuu.
Cepot: Urang ajakan bocah-bocah anyar yuu! Hayu adik-adik saha anu bade balap bakiak ngacuuungg….! Anu jawara meunang hadiaah.
Balap bakiak pun dimulai.

Adik jadi juara, kakak-kakak kalah! Dan seperti itulah, ternyata permainan daerah itu lebih mengasikan dan lebih membuat kedekatan antar adik dan kakak. Tidak seperti game online, itu membuat adik semakin lupa akan ermainan-permainan tradisional. Permainan-permainan wariasan dari nenek moyang kita. Yap adik-adik mari kia lestarikan budaya sunda. Warisan nenek moyang kita.

0 comments:

Post a Comment

 

Coretan Gigi Kucing Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea